Breaking

Wednesday, February 3, 2016

Contoh Proposal Kegiatan Pelantikan



PROPOSAL
PELANTIKAN PENGURUS KOORDINATOR CABANG
PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA
KALIMANTAN TIMUR

A.   Latar Belakang
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan terbesar di Indonesia lahir dan berkembang untuk mewujudkan nilai-nilai yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Dalam mengimplementasikan ruh-ruh konstitusi dan tujuan organisasi, PMII secara konsisten memperjuangkan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan menuju cita-cita bangsa Indonesia.

Sebagai titik tumpu utama dalam organisasi pengkaderan, kaderisasi terkait erat dengan bagaimana efektifitas proses. Proses yang memakan waktu bertahun-tahun dengan berbagai dinamikanya. Karenanya, kaderisasi tidak semata-mata bertujuan untuk menyiapkan kader yang siap menghadapi masa pada saat pendidikan atau pelatihan di dalam kaderisasi berlangsung melainkan juga disiapkan untuk menghadapi masa sesudahnya.
Pengkaderan di PMII bukan semata-mata hendak menjadikan orang terdidik secara intelektual, berwawasan, dan terampil secara teknis,melainkan juga membekali (tepatnya: mengingatkan) individu atas tugas-tugas kekhalifahan yang harus diemban manusia sebagai hamba tuhan (‘abdullah). Selain itu pengkaderan juga bermaksud membangun keberpihakan individu terhadap masyarakat besar darimana dia berasal. Sehingga pengetahuan dan keterampilan individual apapun yang didapat oleh kader, baik dari PMII maupun dari luar PMII, setelah mengikuti pengkaderan PMII seorang kader diharapkan akan mengabdikan pengetahuan dan keterampilan tersebut bagi kolektivitas., bukan diabdikan bagi kebesaran dan kejayaan individual.
Pengkaderan PMII harus pula mampu menjawab tiga pertanyaan besar yang pasti tersodor bagi setiap organisasi gerakan. Tiga pertanyaan itu ialah ruang macam apa yang menjadi medan gerak dan medan pertarungan PMII? Kemudian siapa sesungguhnya PMII (atau kita secara kolektif)? yang notabene adalah subyek, aktor dan pelaku pergerakan. Kemudian lagi di medan tersebut siapa yang menjadi musuh bagi PMII?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu pula, PMII sebagai organisai pengakaderan yang perlu dan wajib melakukan regenerasi, maka disetiap tampuk kepemimpinan PMII baik di tingkat Rayon, Komisariat, Cabang, Koordinator Cabang, bahkan Pengurus Besar tidak bisa dihindari dan wajib melakukan regenerasi atau pergantian kepemimpinan.
Berangkat dari proses kaderisasi dan tanggung jawab estavet kepemimpinan itu pula, Pengurus Koordinator Cabang PMII Kalimantan Timur yang baru saja melakukan restrukturisasi kepengurusan perlu melakukan serangkaian symbol legalitas dari kepengurusan tersebut, yakni perlu melakukan pelantikan.
B.   Landasan Kegiatan
1.    Anggaran Dasar PMII
2.    Anggaran Rumah Tangga PMII
3.    Rapat Harian PKC PMII Kaltim

C.   Tujuan Kegiatan
1.    Silaturahmi antar pengurus Cabang PMII se-Kalimantan Timur
2.    Pengesahan/legalitas secara simbolik terhadap kepengurusan PKC PMII Kaltim masa khidmat 2015-2017

D.   Waktu dan Tempat Kegiatan
Adapun pelaksanaan Pelantikan Pengurus PKC PMII Kaltim dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal    :
Tempat            :
Waktu              :


E.   Peserta Kegiatan
Target peserta kegiatan sebanyak 200 orang, yang terdiri dari:
1.    Tokoh masyarakt
2.    Perwakilan tamu undangan dari Cabang PMII se-Kalimantan Timur
3.    Alumni PMII se-Kalimantan Timur

F.   Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan terlampir

G.   Rencana Anggaran Belanja Kegiatan
Adapun Rincian Rencana Anggaran Belanja Kegiatan terlampir

H.   Penutup
Demikian Proposal ini dibuat, semoga apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini tercapai dan berjalan dengan sukses. Besar harapan kami partisipasi dri para sahabat dan alumni yang ssama-sama lahir mempunyai jiwa pergerakan untuk dapat mendukung demi suksenya kegiatan tersebut.

Wallahul Muwaffiq Ilaa Aqwamittharieq,
Wassalamu alaikum warahmatulahi wabarakatuh.
Samarinda, ….Mei 2015

PANITIA PELAKSANA
PELANTIKAN PENGURUS KOORDINATOR CABANG
PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA
KALIMANTAN TIMUR



……………………………..
Ketua
………………………
Sekretaris

No comments:

Post a Comment

Adbox